Popular Post

Posted by : Imam Hidayat Kamis, 26 November 2015


Contoh Teks Pidato Bulan Ramadhan 
   Menjelang bulan Ramadhan adalah salah satu moment bahagia bagi saya pribadi sobat, tentu bulan Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah dan pahala yang sangat berlimpah dalam menjalani ibadah.

Untuk menyambut bulan nan penuh ampunan ini saya akan menuliskancontoh teks pidato bulan suci Ramadhan untuk menyambut kedatangan bulan suci yang biasanya diadakan acara-acara keagamaan. Langsung pada inti ya sahabat, berikut adalah contoh pidatonya.

Contoh Teks Pidato Menyambut Bulan Suci Ramadhan



Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.
Dalam kesempatan yang sangat baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Dimana selama ini kita diberi nikmat berupa kesehatan dan usia hingga saat ini sehingga kita dapat berkumpul dalam acara menyambut kedatangan bulan suci ramadhan.

Hadirin yang berbahagia.
Pidato yang akan saya sampaikan ini menerangkan keutamaan berpuasa bulan Ramadhan. Kita semua tahu bawa kita diwajibkan berpuasa di bulan suci Ramadhan seperti juga telah diwajibkan kepada orang-orang yang sebelum kita sekalian. Sebagai mana firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 113 yang artinya sebagai berikut:
“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan berpuasa atas kalian sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, supaya kalian menjadi orang yang bertaqwa” ( QS. Al-Baqarah : 113 ).

Contoh Teks Pidato Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Ayat tersebut memberikan pengertian kepada kita bahwa kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan itu bukan kepada kita saja, tetapi sejak umat-umat sebelum kita atau umat Nabi Muhammad SAW. Adapun latarbelakang berpuasa itu adalah mencetak manusia agar menjadi taqwa kepada Allah bagaimana tidak, berpuasa itu yang bisa mengetahui hanyalah Allah dan dirinya sendiri. Disamping itu berpuasa itu meninggalkan perkara yang sebelumnya diperbolehkan seperti makan, minum, bersetubuh dengan istri dan lain sebagainya yang semuanya itu apabila tidak berpuasa diperbolehkan, tapi apabila berpuasa maka hukumnya haram dan membatalkan puasa. Karena taat kepada perintah Allah sekalipun hal tersebut adalah halal. Kita harus mencegahnya karena semata-mata taat dan takut kepada Allah serta mengharap ridha-Nya.

Teman-Teman yang berbahagia.
Setengah dari pada keutamaan orang berpuasa adalah mendapat dua kegembiraan, yaitu kegembiraan diwaktu berbuka dan diwaktu bertemu dengan Allah. Karen orang yang menunaikan ibadah puasa satu hari itu akan menyebabkan kita diampuni dosa-dosa kita baik yang telah lewat maupun yang akan datang. Apabila bulan Ramadhan telah berakhir dengan sempurna, orang tersebut akan bersih dari dosa hingga akhir tahun dan seandainya orang tersebut mati di bulan Ramadhan berakhir, maka dia kelak di hari kiamat akan datang dengan bersih dari segala dosa.

Teman-Teman yang Bernahagia.
Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan apa yang telah saya sampaikan tadi bermanfaat dan diiringi hidayah dan ridha Allah SWT.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Semoga contoh teks pidato menyambut bulan suci Ramadhan di atas dapat membantu sahabat dalam mempersiapkan pidato untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Contoh teks pidato tersebut tentu masih banyak kekurangan, oleh karenanya bagi sahabat yang ingin berkomentar atau pun menilai maka silahkan tinggalkan komentar sahabat di bawah. Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah membaca contoh teks pidato ini dan selamat menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Imam Sang Jatiswara - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -