Popular Post

Posted by : Imam Hidayat Kamis, 26 November 2015

Contoh Naskah Pidato Singkat Tema cinta Alam 
Ini kami akan menyampaikan di postingan ini sehingga and akan bisa mengetahui format isi dari pidato tentang alam sehingga anda bisa edit dan bisa menyesuakan dengan apa yang ada ketahu tentang alam. Memang membuat pidato bertema alam sangat luas banget sehingga banyak sekali yang bisa anda contoh untuk melengkapi teks pidato tentang alam.

Kalau kita belum tahu cara membuat naskah pidato maka sebaiknya anda mencari solusi terlebih dahulu untuk tema apa yang ada inginkan di sekolah anda saat ini kalau memang untuk umum dan mudah anda bisa membuat teks pidato singkat bertema alam seperti yang kami sampaikan di bawah ini.


Kalau anda ingin mengambil tema yang lainya kami juga menyediakan di blog ini seperti Contoh Naskah Pidato Singkat Bertema Akhlak yang sudah kami buat dan kami posting di blog ini sehingga anda bisa melihatnya juga, mudah membuatnya sobat, hanya anda mengikuti setruktur naskah pidato tersebut dan tinggal edit sedikit sesuaikan dengan pemikiran anda.

Untuk Contoh Pidato Tentang  Alam Di Bawah Ini :

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkah dan rahmatNyalah kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW serta kepada keluarganya, sahabatnya, dan kepada kita sebagai pengikutNya. Amien....

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Khasiat dan Manfaat alam yang ada disekitar kita”.

Teman-teman sekalian, tanpa kita sadari banyak sekali manfaat yang telah kita ambil dari alam ini, baik kita sadari maupun tanpa kita sadari kita telah banyak mengambilnya. banyak manfaat yang bisa kita ambil dari alam disekitar kita ini, baik berupa tanaman, sayuran, buah-buahan, sungai dan lain-lain.

Sebagai salah satu contoh... dengan banyaknya para tabib maupun sinse yang menggunakan apa yang ada di alam ini sebagai bahan obat tradisional, ada yang diolah menjadi jamu dan ada juga yang yang diolah menjadi balsem. dan hal ini (pengobatan tradisional tersebut) menjadi banyak pilihan atau alternetif bagi para penderita yang merasa bahwa pengobatan secara medis sudah tidak banyak membantu atau tidak mampu karena harga-harga obat yang semakin melambung tinggi dan tidak terjangkau oleh kalangan bawah.

Manfaat alam lainnya adalah dengan cara memanfaatkan sungai yang ada di dekat kita, para petani ikan memanfaatkan hal itu sebagai sumber penghasilan dengan menanam ikan dan para petani yang lainnya memanfaatkannya sebagai irigasi untuk pengairan sawah-sawah mereka.

Masih banyak contoh lainya yang tidak mungkin saya beberkan satu persatu disini, oleh karena itu... kita harus bijak dalam mengolah alam ini dengan cara mempertahankan keseimbangannya, jangan sampai alam ini malah menjadi becana bagi kita semua.

Temen-teman sekalian, banyak tumbuhan disekitar kita yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dipakai sebagai salah satu obat alternatif dan ada juga tanaman yang bisa kita gunakan juga sebagai makanan, baik untuk lalab maupun hanya sebagai cemilan. Oleh karena itu, kita sebagai seorang pelajar alangkah baiknya untuk dapat mengenal alam ini secara lebih dekat agar kita bisa lebih memahami dan mengerti akan manfaat dengan apa yang ada disekeliling kita.

 Demikian yang dapat saya sampaikan, Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih,
wasalamualaikum wr.wb.

Contoh Naskah Pidato Mencintai Lingkungan
Assalamualaikum wa rohmatullahi, wa barakatuh.
Yang terhormat Bapak/Ibu kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru, dan Staff ……
Serta teman-teman yang saya cintai
Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat tuhan yang maha kuasa, atas segala limpahan nikmat dan karunianya, sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal afiyah.
Allah memberikan kesempatan pada kita berdiri di atas bumi ini, dengan aman, padahal tanpa sadar tiap detik, tiap menit, tiap hari selalu manusia membuang sampah yang kotor sembarangan di muka bumi, tanpa bumi menjadi marah. Bayangkan kalau teman-teman sekalian mengalami nasib seperti bumi, dilempari sampah yang kotor ke muka kita, sudah pasti kita akan menjadi marah.
Kita bernafas setiap detik,menit,hari, mengambil oksigen sesuka kita,tanpa dipungut biaya sepeser pun. Namun kita lupa bahwa alam lah yang menyediakan oksigen untuk kita. Kita lupa pohon lah sumbernya. Kita lupa tumbuhan hijaulah pembuatnya. Kita selalu saja mengemis oksigen tiap hari, tanpa berusaha bagaimana kita menyediakannya. Kita selalu tergantung pada alam, tapi kita tak peduli pada mereka, kita selalu diberi oleh alam, tapi kita lupa mencintai mereka.
Bapak,Ibu yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai.
Pembangunan yang terjadi dengan pesat di kota maupun di desa tanpa memperhatikan keseimbangan ekosistem alam, pengeksploitasian sumber daya alam, tanpa adanya perbaikan, banyaknya asap kendaraan bermotor yang mencemari udara adalah akibat dari dampak negatif proses globalisasi. Sebagai masyarakat yang baik , kita sudah siap dan menerima akan adanya dampak positif globalisasi, namun kita juga harus mengambil langkah mengantisipasi dampak buruknya dengan cara mencintai lingkungan dengan kegiatan positif. Dimulai dari diri kita sendiri, pasti akan menjadi langkah yang nyata yang bisa ditiru oleh orang lain. Kegiatan mencintai lingkungan misalnya:
1. Budayakan menanam kembali (reboisasi)
Penanaman kembali hutan yang sudah kita tebang, menghindarkan kita dari bencana yang lebih besar, misalnya banjir dan tanah longsor. Selain itu, reboisasi juga akan menjadikan bumi kita hijau yang bermanfaat untuk mengurangi pencemaran yang kita timbulkan.
2. Membuang sapah pada tempatnya
Tanpa kita sadari, hasil akhir dari kegiatan kita sehari-hari adalah sampah. Membuang sampah di sembarang tempat akan menjadi tanah menjadi kotor dan air menjadi tercemar, lalu akan  kembali pada kita yang akan mengalami kerugian.
3. Mengurangi polusi
Udara yang kita hirup saat ini, jauh berbeda dengan udara yang dihirup oleh nenek moyang kita dahulu. Dampak dari asap kendaraan bermotor dan asap-asap dari limbah pabrik sungguh sangat besar. Polusi udara menjadikan bumi ini terasa panas, terlebih jika sedang musim kemarau. Kita bisa menguragi polusi dengan cara memakai alat transportasi seperti sepeda. Selain mengurangi polusi, juga menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat.
Bapak,Ibu yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai.
Jangan biarkan generasi kita yang akan datang menanggung akibat negatif dari yang kita perbuat sekarang. Marilah kita sadarkan diri kita, akan pentingnya mencitai lingkungan agar bumi kita tidak semakin menderita. Kalau bukan kita siapa lagi, kalu bukan sekarang lalu kapan lagi.
Bapak,Ibu yang saya hormati serta teman-teman yang saya cintai.
Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi pelecut semangat untuk lebih mencintai lingkungan sekitar kita. Bila ada tutur kata yang kurang berkenan, mohon maaf sebesar-besarnya, dan atas perhatiannya saya sampaikan terima kasih.
Billahi taufik wal hidayah, wa ridho wa inayah
Wassalamualaikum wa raohmatullahi wa barakatuh.


Contoh Pidato tentang Upaya Pelestarian Lingkungan Alam


              Assalamu’alaikum Wr. Wb.
        Yang terhormat Kepala SMP Negeri 3 Purworejo, yang saya hormati bapak ibu guru beserta karyawan tata usaha SMP Negeri 3 Purworejo, dan teman-teman yang saya banggakan.
        Marilah kita ucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT., yang telah melimpahkan hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.
            Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit pidato tentang upaya pelestarian lingkungan alam.
Pelestarian lingkungan alam sangatlah penting. Pada dasarnya pelestarian lingkungan hidup adalah suatu kewajiban, hal ini dikarenakan manusia sangat bergantung pada alam sekitar. Ada banyak upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk melestarikan lingkungan alam baik dari masyarakat maupun pemerintah. Berikut beberapa  upaya pelestarian lingkungan hidup:
                Pertama menanam pohon, menanam pohon merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan yang sedang banyak digalakkan akhir-akhir ini. Hal ini tidak lepas dari peran aktif pemerintah (Dephut) dengan programnya “Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon”. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pohon memberikan manfaat yang besar bagi kita seperti membuat lingkungan lebih indah, membuat udara lebih bersih, dan masih banyak lagi.
                Kedua bersepeda, selain dapat menyehatkan tubuh kita, bersepeda juga merupakan wujud nyata cinta terhadap lingkungan sekitar. Tentu kita sudah tahu bahwa sepeda tidak seperti kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas emisi berbahaya. Selain dapat mengotori udara sekitar, gas tersebut juga dapat menyebabkan pemanasan global (global warming).
                Itulah beberapa contoh mengenai upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk pelestarian lingkungan alam. Kita harus menyadari betapa pentingnya kelestarian lingkungan hidup bagi kita dan kita sangat bergantung pada lingkungan sekitar kita. Oleh sebab itu, menjaga kelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama, kita bisa melakukannya dari hal-hal yang sederhana seperti menanam pohon dan bersepeda.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Bila ada tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Demikian kami bisa sampaikan tentang  Contoh Naskah Pidato Singkat Tema Alam . semoga menjadi info yang menarik dan mempu membuat pidato anda sendiri untuk sekolah. Dan terimakasih atas kunjungan anda di blog Imam Sang jatiswara saat ini. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Imam Sang Jatiswara - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -